Salam 1,5 Jari…

Rasanya mumet bin eneg ketika melihat ada begitu banyak media tersebar di jejaring sosial soal dua calon presiden kita kali ini..
Dan rasanya baru kali ini saya mendengar ada begitu banyak cerita, baik di radio, medsos, maupun media elektronik tentang dua orang yg akhirnya bertengkar sedemikian parah hanya karena masing-masing menjagokan calon yang berbeda..

Kalau dipikir, baru kali ini pemilu presiden sedemikian hangatnya dibahas. Bahkan ditengah hiruk pikuk piala dunia, ditambah suasana Ramadhan, berita soal pemilihan umum presiden yang akan diselenggarakan tanggal 09 juli nanti seolah tak habis untuk dibahas.

Baru-baru ini berita elektronik bahkan membahas soal  surat terbuka yang dilayangkan oleh putri amien rais untuk Bapak Jokowi,

Surat itu menjadi perbincangan hangat hanya dalam waktu 5 hari, menjadi topik di kompasiana, muncul di viva news dan beberapa media elektronik lainnya.

sebelumnya surat terbuka tersebut juga pernah dibalas oleh anak seorang petani di forum kompasiana.

Dan ndelalah surat yang diajukan secara terbuka oleh putri amien rais itu juga mendapat balasan dari seorang adik kelas bernama Mimit alias Dian Paramita melalui blognya pertanggal 30 juni 2014,

Saya semakin tertarik setelah membaca  langsung balasan surat terbuka tersebut,

ketika saya TK, kira-kira 20 tahun yg lalu, saya ingat betul, kampanye hanya ada 3 partai besar, dengan warna yang mudah diingat, merah, kuning, dan hijau, saya berdiri di pinggir jalan, dan ketiga partai tersebut berjalan dengan santai semacam parade, tidak ada vandalisme, tidak ada caci maki antar pendukung partai, semua berjalan dengan penuh sukacita.
Keadaan mulai berubah ketika saya SMA, dimana saat itu saya menggunakan hak pilih saya, dan ketika itu saya bahkan tidak hafal ada berapa puluh partai yg berpartisipasi, namun saya yakin pilihan saya adalah pilihan yang terbaik,
Dan benar, ketika beliau menjabat, saya merasakan banyak perubahan, mungkin menurut beberapa orang tidak begitu besar, tapi setidaknya Indonesia menjadi lebih baik dari periode sebelumnya.

Yang saya ingin sampaikan disini adalah, betapapun enegnya kita, betapapun muaknya kita dengan printilan pemerintahan,
Tetaplah peduli, tetaplah peka dengan berbagai jenis informasi,
otak kita mungkin sudah lelah dengan janji-janji palsu semua pemimpin negeri,
Tapi kitalah juga nanti yang merasakan dampak dari pilihan – pilihan yg kita buat, atau tidak kita buat,

Dan sadarlah bahwa pemilu bukan untuk memilih pemimpin terbaik untuk menjadi pemimpin, tapi untuk mencegah yang terburuk menjadi pemimpin.

Surat terbuka yang dilayangkan putri Amien Rais, maupun balasan surat dari mbak Dian Paramitha, adalah salah satu contoh bentuk kepedulian mereka terhadap arah perkembangan bangsa ini. Dan yang sangat saya sukai adalah mereka mampu menyampaikannya dengan cara yg efektif dan cerdas. Bukan dengan aksi kasar, apalagi sampai bacok-bacokan.

Pesan saya cuma satu,
Siapapun yang nantinya anda pilih sebagai pemimpin negeri ini, anda ketahui benar sepak terjangnya,

Kumpulkan sendiri data sebanyak mungkin dari kedua calon, toh klopun data tersebut terkumpul, ada banyak hal positif yg bisa diambil, pertama anda tahu siapa yg akan anda pilih dengan yakin, kedua anda akan memahami resiko apa yang akan muncul dari pilihan yang tersebut.

Dan sampai hari pemilihan tiba, biarlah hanya Anda dan Tuhan yg tau siapa yang akan Anda pilih..

Salam 1,5 Jari..
🙂

image

This entry was published on July 7, 2014 at 10:27 am. It’s filed under Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “Salam 1,5 Jari…

  1. yg aneh…. suratnya dikirim ke siapa, eh yang balas siapa 😀

    apa kalau surat terbuka gitu yah?

Leave a Reply

