Ayudevi Story :

Romance is a Bonus Book : Klo Lee Jong Suk jadi Dongsaeng…

Jaman sekarang buat perempuan kalau sudah memasuki usia tertentu emang agak susah nyari kerja. Apalagi kalau sudah punya anak. Jarang sekali perusahaan mau meloloskan kandidat seperti ini untuk bekerja. Hm.. kira-kira Kang Dan-i bisa berhasil melawan stereotype ini nggak ya?

Romance is a Bonus Book menceritakan kisah Kang Dan-i dan Cha Eun Ho yang merupakan teman dekat sejak kecil. Sangking dekatnya, Kang Dan-i ( Lee Na Young ) menganggap Cha Eun Ho ( Lee Jong Suk ) sebagai seorang adik. ( Ah yang bener, cuma seorang Adikkkk…. )

Drama ini romancenya gak menye-menye banget sih, ceritanya agak mature dan berbobot karena bagaimanapun, Kang Dan-i yang diperankan oleh Lee Na Young ini adalah janda dengan satu anak berusia 12 tahun. Iyesss…. her life is already complicated….

Kang Dan-i dulunya adalah wanita karier yg punya karya gemilang sebagai seorang copy writer. Namun setelah menikah, ia memutuskan menjadi Ibu Rumah Tangga yang fokus pada keluarga. Sayangnya, kehidupan pernikahannya tak berlangsung baik, sehingga ia menjadi Single Parent yang harus menanggung biaya hidup putrinya. Jadi Chinggudeul kebayang dong ya bagaimana beratnya hidup Kang Dan – i.

Oiya, Kalian tau kenapa hidup Kang Dan-i berantakan? Karena suami tercinta yang dulunya super sweet sejak pacaran dan awal-awal masa pernikahan ternyata pria yang ga bertanggung jawab. Suami Kang Dan-i meninggalkannya disaat situasi sedang buruk-buruknya, Ia menyerah dan justru pergi ke wanita lain. Hadehhhh… laki-laki kek gini emang harusnya disuntik virus polio aja di kelaminnya ya biar ga macem-macem. Suka banget maen tinggal-tinggalin orang sembarangan. *ngomongsambilbejekbejekcucian*

Kang Dan-i yang ruwet banget idupnya, nggak berani berterus terang sama Cha Eun Ho. Bocah laki-laki yang pernah ia selamatkan waktu kecil dan kini jadi teman baiknya. Dan-i malu mengakui hidupnya yang hancur karena selama ini Eun Ho juga sudah sering sekali direpotkan suaminya, disamping itu Eun Ho juga adalah seorang editor terkenal dari sebuah perusahaan penerbitan yg sukses bernama Goryeoo. Hm… kalau kalian bingung Georyoo itu kek gimana, chinggudeul mungkin bisa membayangkan kek Kantor Gramedia di daerah Palmerah lah yha wkwkwk..

Dan-i yang membutuhkan tempat tinggal dan pekerjaan mencoba melamar ke berbagai tempat. Selama ini ia bekerja sebagai pengurus rumah tangga dan tinggal dirumah Eun Ho tanpa sepengetahuan Eun Ho.

Eun Ho yg super sibuk dan super dingin baru menyadari hal tersebut setelah beberapa minggu. Meski awalnya menolak, Eun Ho akhirnya mengizinkan Dan-i untuk tinggal dirumahnya sampai ia punya cukup uang untuk menyewa tempat sendiri. Syukurlah setelah mencoba kesana kemari, Dan-i akhirnya diterima bekerja sebagai staff pendukung di kantor penerbitan Georyeoo, tempat yang sama dimana Eun Ho menjadi Editor.

Review :

Dari segi chemistry pemain, aku sebenarnya agak ragu karena belum tau bagaimana Lee Na Young akan membawakan karakternya di drama ini. Tapi setelah menonton 4 episode, aku jadi paham kenapa tim produser memilih Noona LNY sebagai pemeran Kang Dan-i.

Iyes, karakter Kang Dan-i ini naif banget , tapi juga mature disaat tertentu. Usia karakternya yang 37 tahun cocok banget diperankan oleh LNY.

soal penampilan, Noona LNY juga nggak ‘kebanting’ dengan LJS yang kinyis kinyis.

Dari karakter Cha Eun Ho, aku suka bagaimana penulis membuat karakternya yang dingin, mapan dan dewasa. Eun Ho yang muda 8 tahun dari Kang Dan – i ini selalu bisa diandalkan saat Dan – i butuh dukungan. Meskipun kadang childish ketika rasa cemburunya muncul, tapi karakter Cha Eun Ho dan Kang Dan-i punya chemistry yang pas dan tidak terkesan dipaksakan. So far LJS dan LNY mampu memerankan karakter ini dengan baik. Cuma klo dibilang chemistrynya kuat banget sih…nggggak…. , karena memang karakter drama mereka ya seperti itu. Atau… mungkin karena LNY ini Istrinya Won Bin kali ya, jadi chemistry nya sama lawan main ya maksimalnya segitu, gak bisa & gakmungkin lebih lagi.

Selain cerita utama antara Kang Dan-i dan Cha Eun Ho, penonton juga disuguhi side story dari para pekerja di perusahaan penerbit Goryeoo. Meskipun cerita intinya sudah cukup menarik. Side story tetap dibutuhkan agar drama ga terkesan monoton dan malah berujung boring. Maka dari itu, penulis menyisipkan kisah para new recruitment yg bekerja di Penerbit Goryeoo. Ada si Oh Ji Yeul ( Park Gyu Young ) yang manja dan punya Ibu kaya nan posesif. Ada si Park Hoon ( Kang Ki Doong ) yang semangat banget kerja di Goryeoo dan berencana jadi pria keren di tempat kerja supaya ga diremehin klo sewaktu-waktu ketemu temen lama terus ditanya kerja dimana. ( Karena di Korea kayaknya pertanyaan paling menyebalkan bukanlah ‘kapan nikah’ tapi pertanyaan macem, ‘kamu kerja dimana sih?’ ) juga cerita-cerita sampingan lainnya dari para eksekutif perusahaan penerbitan Goryeoo.

Cuma kalau menurut aku, side story di RiaBB ini ga semenarik side story di Whats Wrong Secretary Kim atau Because its My First Life sih, tapi yhaaaa lumayanlah buat selingan.

Second Lead Syndrome.

Nah, buat yang punya kebiasaan klo nonton drama korea malah jadi kesengsem sama pemeran pembantu prianya alias Second Lead Male Syndrome, maka bersiap-siaplah untuk dilemma. Karena disini kalian bakal ketemu sama Wi Ha Joon yang akan berperan sebagai Ji Seo Joon, seorang illustrator sampul buku yang kreatif. Klo masi bingung Wi Ha Joon itu yang mana,, coba inget-inget sosok yg jadi adiknya Noona Son Ye Jin di Something In The Rain ini eheheheh

Point Penting Romance is a Bonus Book :

Dari sekian banyak drama korea, drama ini mengangkat bagaimana beratnya hidup seorang Single Parent Wanita untuk kembali mendapatkan pekerjaan. Meskipun Sutradara berhasil mengemas dengan scene yang ringan, kesulitan itu tetap bisa tersampaikan dengan baik. Drama ini juga mengajarkan kita untuk tidak berhenti belajar dan menyerah melalui karakter Kang Dan-i yang meskipun usianya sudah tak lagi bisa dibilang muda dan jaman sudah banyak berubah. Intinya, selama kita masih mau belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik. Semua akan baik-baik saja.

Makanya chinggudeul, kalau sekarang lagi down, sedihnya jangan lama-lama ya, ayok buruan bangkit, harus bisa semangat dan gak pantang menyerah seperti Kang Dan-i 😊😊😊

Kesimpulan :

Hm… bahas chemistry udah, bahas ceritanya secara garis besar udah, karakter juga udah. Nah berarti sekarang tinggal chinggudeul nih yang kudu nonton langsung biar bisa menilai sendiri. Kalau berdasarkan penilaianku sih ratenya 3,5 dari 5, alias ga terlalu bagus tapi yaa ga jelek-jelek banget juga.. Lumayanlah… apalagi kalau Lee Jong Suk lagi jealous dan berdialog dengan dirinya sendiri. Sutradaranya kreatif banget menampilkan sinematografi yg unik dan kocak terutama saat scene nya Lee Jong Suk sebagai Cha Eun Ho.

Kira-kira apakah hubungan Kang Dan-i dan Cha Eun Ho bisa lebih dari sekedar kakak-adek?

Apa karir Kang Dan-i bisa sesukses dulu seperti saat ia belum menikah?

Tonton bareng-bareng yuk chinggudeul, terus kalau nanti udah pada nonton langsung, share opini kamu di kolom komentar juga ya! 😉

Advertisements
This entry was published on February 17, 2019 at 11:16 am. It’s filed under Content Korea, K-Drama, Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

2 thoughts on “Romance is a Bonus Book : Klo Lee Jong Suk jadi Dongsaeng…

  1. Pingback: Nominasi Tulisan Pilihan Minggu #7 - 1 Minggu 1 Cerita

  2. Drama ini juga menyampaikan keseruan bekerja dalam dunia penerbitan, tema yang sangat jarang digarap, namun dikemas dengan baik dalam drama Romance is a bonus book.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: