Setelah kecemplung di Tiktok untuk hal yang bermanfaat ( buat hidup gue, karena akunnya gue pake jualan. Wkwkkwkwkw ) gue jujurly sedang resah dengan para Artis yang belakangan ini mulai aktif di tiktok buat jualan.

Wait, sebelum kalian mencibir kalimat pembuka diatas, coba tolong baca dulu tulisan gue ini sampai habis. Jangan esmosi gitu dong prennn… Minum eskopi dulu sini biar ati adem..

” Rejeki udah diatur sama yang diatas “

Bener Breee, rejeki emang udah ada yang atur, tapi masalahnye nih ibarat anak kecil lawan godzilla, itu susah klo ngga dibantu Ultramen. Kita juga gabisa ngandelin Ultramen terus-terusan, karena Ultramennya juga sibuk mesti bantu yang lain, dia ngga bisa available terus tiap hari.

Menurut gue, sebenarnya bukannya gue keberatan, bukannya gak boleh artis mau jualan di Tiktok.

Boleh banget! Tapi harusannya yang dijual itu produknya jangan yang dijual sama Affiliate Pemula.

Agak sadar diri dikit gitu yekan, Anda kan sudah jadi artis nih, ya mbok yao yang dijual itu barang-barang branded yang kelasnya menengah keatas. Misalnya Skincare yang harganya jutaan. Baju yang nolnya 5 atau 6. Kan followers Anda sebagai artis udah M-M an ya, Anda udah dapet endorse sana sini di platform lain diluar platform Tiktok, yamasa mau ngejualin produk yang juga dijualin sama Affilate pemula, yang harganya receh, dan mereka untuk bisa review, bikin vt dan ngelive itu kadang-kadang harus beli dengan uang sendiri loh…

Jujurly gue awalnya agak bangga dikit sih sama Tiktok yang udah bisa ngasih kesempatan untuk kaum jelata dan remah-remah rengginang menampilkan bakatnya tanpa harus jadi ‘orang’ dulu. Beberapa bahkan ada yang mulai dari minus, dengan kisah heroik bagaimana mereka memulai segalanya dengan sangat syulit dan fasilitas yang sangat terbatas. Tapi makin kesini Tiktok kayaknya makin nyari cuan dengan lebih banyak menampilkan iklan-iklan dan akun-akun centang biru, dimana kita tau, ga mungkin centang biru itu 100% reachnya organik.

Terus sekarang mesti gimana?

Ya ga gimana-gimana, tetep stay positif, stay creative dan konsisten buat posting, karena klo gegara ada orang yg punya privilege lebih, terus kamu berhenti merawat akunmu, maka tempatmu didunia content creator, cepat atau lambat pasti akan punah seiring waktu berjalan.

Jadi Ayok! Bikin 1 content lagi! Siapa tau viral..

😌😌😌